Bait-bait Syair Imam Asy-Syafi’i

Wahai ilah, Rabb makhluk semesta

kepada Engkau aku ajukan pengharapan

sekalipun aku seorang yang banyak melakukan dosa

Wahai Dzat pemilik karunia dan kemurahan

tatkala kalbuku keras dan jalan-jalanku sempit

aku jadikan pengharapan dari-Mu sebagai tangga

dosa-dosaku mengusai diriku.

tetapi ketika aku bandingkan dengan pengampunan-Mu

Wahai Rabbku, jauh lebih besar pengampunan-Mu

Engkau senantiasa pengampun segala dosa dan kesalahan

Engkau tetap pemurah dan pemberi karunia serta kemuliaan

maka andai tidak karena kemurahan-Mu

tidaklah bertahan si penyembah iblis

betpa tidak?

ia telah memperdaya kekasih-Mu adam

bila engkau memaafkan aku

berarti engkau mengampuni si pelaku kezaliman

yang penuh gelimang dosa dan kesalahan

dan andai Engkau murka kepadaku

aku tidak akan putus harapan

sekalipun diriku dimasukan ke jahanam

karena dosa-dosa yang aku lakukan

sungguh besar dosaku

baik yang sekarang maupun dahulu, namun

ampunan-Mu lebih besar dan lebih banyak

Wahai Dzat pemberi maaf

Tinggalkan komentar